Alat Ukur Tekanan Darah Digital

Alat ukur tekanan darah dinamakan tensimeter. Umumnya tensimeter terdiri dari tensimeter digital dan tensimeter manual. Keduanya dapat mengukur tekanan darah dan mendeteksi kelainan dari tekanan darah seperti hipertensi dan hipotensi. Namun, bila dilihat dari cara menggunakan alat tersebut, tensimeter digital lebih mudah digunakan dibandingkan dengan tensimeter manual. Oleh karena itu, banyak masyarakat umum lebih memilih mengukur tekanan darah dengan menggunakan tensimeter digital dibandingkan dengan tensimeter manual.



alat ukur tekanan darah
Tensimeter Digital Omron


Tensimeter manual umumnya digunakan oleh kalangan profesional seperti petugas kesehatan. Dalam menggunakan tensimeter manual untuk mengukur tekanan darah, diperlukan keterampilan khusus untuk melakukannya. Kalangan profesional seperti petugas kesehatan mendapatkan keterampilan menggunakan tensimeter manual selama mereka menempuh masa pendidikan sekolah kesehatan sehingga mereka terbiasa dalam melakukan pemeriksaan tekanan darah menggunakan alat tensimeter manual.


Berbeda halnya dengan tensimeter digital. Tensimeter digital banyak digunakan oleh masyarakat umum. Alat ini sangat mudah digunakan untuk mengukur tekanan darah. Hasil  pengukuran tekanan darah akan ditampilkan melalui layar monitor secara otomatis sehingga tidak heran apabila banyak masyarakat yang memilih tensimeter digital ini.

Alat Ukur Tekanan Darah Digital

Alat ukur tekanan darah digital merupakan alat pengukur tekanan darah yang dapat mengukur tekanan darah secara otomatis. Alat pengukur tekanan darah digital disebut juga dengan tensimeter digital. Pada masa sekarang ini banyak produsen alat kesehatan yang mengeluarkan tensimeter digital. Beberapa produsen alat tensimeter digital ini di antaranya ialah Omron, ABN, dan Polygreen. Ketiga produk alat tensimeter digital tersebut merupakan merek alat tensimeter digital yang banyak digunakan di Indonesia.

Cara pengukuran tekanan darah tensimeter digital tidak hanya pada lengan tangan bagian atas. Kini terdapat alat tensimeter digital yang dapat melakukan pengukuran tekanan darah pada lengan tangan bagian bawah. Namun, bila dibandingkan dengan tempat pengukurannya, sebaiknya kita gunakan alat tensimeter digital pada lengan tangan bagian atas. Lengan tangan bagian atas merupakan tempat yang ideal untuk melakukan pengukuran tekanan darah.

Tensimeter digital yang dapat mengukur tekanan darah pada lengan tangan bagian bawah lebih cocok untuk digunakan bagi pasien yang tidak mempunyai penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi karena  alat tensimeter digital ini tidak dapat mengukur tekanan darah tinggi, bahkan bila digunakan pada orang yang menderita penyakit tekanan darah tinggi, maka hasil pengukuran akan dinyatakan E atau Error.

Alat pengukur tekanan darah digital yang digunakan pada lengan tangan bagian atas pun tidak semua dapat mendeteksi tekanan darah sistolik di atas 180 mmHg. Hanya alat tensimeter digital tertentu yang dapat melakukannya. Tentu saja alat tensimeter digital yang dapat melakukan pengukuran tekanan darah sistolik di atas 180 mmHg memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan tensimeter digital lainnya. Namun, hal ini sesuai dengan spesifikasi atau kualitas yang dimiliki oleh tensimeter digital tersebut.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, alat tensimeter digital dapat mengukur tekanan darah secara otomatis. Cukup dengan memasang manset pada lengan tangan bagian atas atau bawah (bergantung pada jenis tensimeter digital yang digunakan). Tekan tombol start pada alat tensimeter digital dan biarkan manset mengembang serta mengempis dengan sendirinya. Barulah setelah itu alat tensimeter digital akan menunjukkan hasil  pengukuran tekanan darah pada layar monitor. Biasanya terdapat tiga informasi yang dihasilkan dari pengukuran tekanan darah dengan menggunakan tensimeter digital. Pada bagian atas menandakan tekanan darah sistolik, bagian tengah menandakan tekanan darah diastolik, dan bagian bawah menandakan jumlah denyut jantung dalam satu menit.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: tokoalkes.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Terima kasih untuk Like/comment FB :