Alat Tensi Omron HEM 7203 (Jepang)

Alat tensi Omron menjadi salah satu alat tensi darah digital yang banyak digunakan di Indonesia. Alat tensi Omron ini banyak digunakan baik oleh kalangan profesional maupun nonprofesional untuk melakukan pengukuran tekanan darah. Alat tensi Omron terdiri dari beberapa tipe atau model. Di antaranya adalah alat tensi Omron dari tipe HEM 7203, JPN-1, dan sebagainya. Alat tensi digital merek Omron tersebut menjadi salah satu alat tensi digital yang laris di pasaran.



alat tensi omron
Tensimeter Digital Polygreen


Alat Tensi Omron HEM 7203 

Alat tensi Omron HEM 7203 menjadi salah satu alat tensi digital yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk mengukur tekanan darahnya. Alat tensi Omron HEM 7203 ini memiliki indikator tekanan darah pada layar. Selain itu, alat ini juga mampu merekam 30 kali pengukuran yang dilengkapi dengan tanggal dan waktu. Selain itu, alat tensi digital ini pun dapat menghitung rata-rata hasil pengukuran yang dilakukan sebanyak 3 kali dalam kurun waktu 10 menit.

Alat tensi Omron HEM 7203 memiliki fitur seperti tampilan layar yang mudah terbaca, tombol start/stop, tombol memori, tombol naik/turun, tombol pengaturan tanggal dan waktu, port udara, manset, penanda berwarna atau tanda panah, dan konektor udara. Manset dari alat tensi Omron HEM 7203 terdiri dari ukuran medium yaitu dengan lingkar lengan sebesar 22 sampai dengan 32 cm.   Pada tampilan layar terdiri dari beberapa simbol Di antaranya terdapat tekanan darah sistolik, tekanan darah diastolik, simbol detak jantung yang berkedip pada saat pengukuran, simbol memori, sombol deflasi, simbol rata-rata pengukuran, tampilan tanggal/waktu, tampilan denyut dan nomor memori, simbol baterai, dan indikator tekanan darah.

Alat tensi Omron HEM 7203 menjadi salah satu alat tensi digital merek Omron yang banyak dijual di pasaran. Sebelum digunakan untuk mengukur tekanan darah, terlebih dahulu kita atur tanggal dan waktunya. Cara mengatur tanggal dan waktu pada alat tensi darah Omron HEM 7203 ini cukup mudah. Yaitu dengan menekan tombol seperti jam pada alat, lalu tekan tombol naik turun untuk mengubah tanggal atau waktu. Lalu tekan lagi tombol seperti jam apabila tanggal dan waktu sudah kita atur dengan benar. Setelah itu, simpan perubahan dengan cara meneka tombol start/stop.

Untuk melakukan pengukuran tekanan darah dengan menggunakan alat tensi Omron HEM 7203 sebaiknya jangan menggunakan pakaian dengan lengan yang terlalu ketat atau terlalu tebal karena  apabila dipasang manset pada lengan yang menggunakan pakaian ketat atau tebal yang menutupi lengan maka dapat memengaruhi hasil pemeriksaan. Setelah itu, sebelum pemeriksaan tekanan darah dilakukan, masukkan terlebih dahulu selang udara ke dalam port udara. Barulah masukkan lengan ke dalam manset. Jangan pasangkan manset terlalu longgar, pasangkan manset dengan kencang.

Pastikan pula manset berada di atas siku dengan jarak 1 sampai dengan 2 cm.  Tanda panah pada manset harus berada pada tengah lengan bagian dalam. Lalu tekan tombol start/stop maka manset akan mengembang dengan sendirinya. Setelah manset mengambang, manset juga akan mengempis dengan sendirinya. Hasil pengukuran akan terlihat pada layar. Tekanan darah dapat dikelompokkan menjadi tekanan darah normal, tekanan darah tinggi, dan tekanan darah rendah. Apabila hasil pengukurannya bertekanan darah tinggi atau rendah maka sebaiknya Anda berkonsultasi segera ke dokter sebelum timbul komplikasi akibat penyakit tersebut.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Omronhealthcare.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Terima kasih untuk Like/comment FB :