Alat Tensi Digital Omron JPN-1 (Jepang)

Alat tensi digital ialah alat pengukur tekanan darah yang dapat mengukur tekanan darah secara digital melalui bantuan tenaga baterai. Manset akan mengembang dan mengempis dengan sendirinya karena bantuan dari tenaga baterai. Tidak semua alat tensi digital mampu mengukur tekanan darah dengan tekanan sistolik di atas 180 mmHg. Terkadang alat tensi digital tersebut dapat mengalami error apabila tekanan darah yang ditunjukkan melebihi 180 mmHg. Alat tensi digital juga dapat mengukur tekanan darah sistolik melebihi 180 mmHg dengan langkah tertentu ataupun secara langsung dapat terlihat di layar indikator tekanan darah.



Tensimeter Digital Omron


Alat Tensi Digital Omron JPN-1

  Alat tensi digital Omron yang diproduksi oleh Omron salah satunya ialah Omron JPN-1. Omron JPN-1 ini merpakan salah satu tensi digital terbaik yang diproduksi oleh Omron. Tensi digital Omron JPN-1 ini mampu melakukan pengukuran tekanan darah sebanyak 60 kali pengukuran yang disimpan dalam memori. Selain itu, alat ini juga dapat menghitung rata-rata pengukuran yang dilakukan sebanyak 3 kali dalam kurun waktu selama 10 menit. Apabila memori alat tersebut penuh, maka alat tersebut akan menghapus data dari pengukuran yang pertama dilakukan atau pengukuran yang terlama.

Apabila Anda membeli alat tensi digital Omron JPN-1, pertama-tama sebelum melakukan pengukuran Anda harus mengatur terlebih dahulu tanggal dan waktu pengukuran. Tanggal dan waktu ini perlu diatur karena bila tidak diatur terlebih dahulu maka rata-rata hasil pengukuran tidak dapat dihitung. Barulah setelah itu Anda dapat melakukan pengukuran tekanan darah. Pengaturan tanggal dan waktu cukup dilakukan satu kali pada saat Anda baru membeli alat tersebut. Untuk selanjutnya alat akan menyesuaikan tanggal dan waktu secara otomatis bila melakukan pengukuran tekanan darah berikutnya.

Alat tensi digital Omron JPN-1 cukup mudah untuk digunakan. Cara menggunakannya pertama-tama masukan konektor udara ke dalam port udara. Konektor udara ini dapat membuat udara yang bertugas untuk mengembangkan manset. Setelah konektor port udara dipasang, masukkan lengan ke dalam manset. Manset harus tepat berada pada lengan bagian atas tangan. Pada saat pemasangan manset, kita harus memerhatikan posisi lengan. Selain itu, bagian bawah dari manset harus berada di atas  siku dengan jarak 1 sampai dengan 2 cm. Penanda berwarna atau tanda panah yang terdapat pada manset harus berada di tengah lengan tangan bagian dalam. Barulah setelah itu kita dapat mengencangkan manset. Setelah manset terpasang dengan benar, langkah selanjutnya ialah menekan tombol start/stop. Manset akan segera mengembang dengan sendirinya. Begitu pula manset akan mengempis dengan sendirinya dan bila pengukuran telah selesai dilakukan, hasil pengukuran akan terlihat pada layar tensi digital Omron JPN-1 tersebut.

Hasil pengukuran tensi digital akan invalid apabila simbol pendeteksi detak jantung tidak teratur dan simbol gerakan tubuh muncul. Bila hal itu terjadi, Anda harus mengulangi pengukuran tekanan darah.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Omronhealthcare.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Terima kasih untuk Like/comment FB :