Omron Tensimeter JPN-1 (Keunggulan)

Omron tensimeter adalah salah satu merek dari alat tensimeter digital. Omron merupakan perusahaan yang memproduksi alat-alat kesehatan yang berasal dari Jepang. Omron tensimeter ini terdiri dari beberapa model yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Umumnya Omron tensimeter yang memiliki spesifikasi yang lengkap biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan tensimeter dari Omron yang lainnya. Namun, terdapat alat tensimeter Omron yang dijual dengan harga yang cukup murah. Omron merupakan perusahaan produsen alat-alat kesehatan yang berasal dari negara Jepang.



omron tensimeter
Tensimeter Digital Omron


Omron tensimeter menjadi salah satu tensimeter digital yang banyak digunakan di Indonesia. Omron tensimeter ini banyak digunakan karena kualitasnya yang baik dan memberikan hasil yang cukup akurat dalam melakukan pengukuran tekanan darah. Tensimeter digital Omron pun mudah untuk digunakan. Cukup dengan memasang manset pada lengan atas tangan atau lengan bawah tangan bergantung pada jenis atau model tensi digital Omron yang digunakan, lalu menekan tombol start/stop, maka pengukuran tekanan darah pun dapat dilakukan dengan sendirinya. Hasilnya pun akan tertera pada layar monitor tensimeter digital tersebut.

Pada layar monitor akan terlihat hasil  pengukuran berupa tekanan darah sistolik, tekanan darah diastolik, dan jumlah denyut nadi dalam satu menit. Omron tensimeter ini mampu mengukur tekanan darah secara akurat. Namun, tidak semua Omron tensimeter mampu mengukur tekanan darah sistolik di atas 180 mmHg. Hanya tensimeter Omron tertentu yang mampu melakukannya. Hal ini terlihat dari harga yang ditawarkan. Biasanya tensi digital Omron dengan harga yang cukup mahal mampu melakukan pengukuran tekanan darah sistolik di atas 180 mmHg.

Keunggulan Omron Tensimeter JPN-1

Omron memproduksi berbagai macam tipe dari tensimeter digital. Salah satu tipe tensimeter digital yang dikeluarkan Omron adalah Omron JPN-1. Omron JPN-1 merupakan produk tensimeter digital terbaru dari Omron. Tensimeter ini mampu melakukan pengukuran tekanan darah secara otomatis. Selain itu, tensi digital Omron ini dilengkapi dengan indikator tekanan darah, pendeteksi detak jantung yang tidak teratur, pendeteksi pergerakan tubuh, penyimpanan 60 kali pengukuran yang dilengkapi dengan tanggal dan waktu, dapat merekam rata-rata 3 kali pengukuran terakhir dalam waktu 10 menit, dan dilengkapi dengan teknologi intelllisense.

Tensi digital Omron JPN-1 dilengkapi dengan pendeteksi detak jantung yang tidak beraturan dan pendeteksi gerakan tubuh. Pendeteksi ini akan memengaruhi hasil pengukuran tekanan darah. Apabila pengukuran yang dilakukan dipengaruhi oleh detak jantung yang tidak beraturan, maka akan muncul tanda pendeteksi detak jantung yang tidak beraturan. Bila hal ini terjadi, maka hasil pengukuran akan dianggap tidak valid sehingga tidak akan terlihat hasil pengukuran tekanan darah pada layar monitor. Begitu pula jika pengukuran tekanan darah dilakukan pada saat pasien bergerak. Apabila selama pengukuran tekanan darah dengan menggunakan tensi digital Omron JPN-1 pasiennya bergerak, maka akan muncul tanda pendeteksi gerakan tubuh sehingga bila hal ini terjadi, maka akan dianggap hasil pengukuran tidak valid dan tidak terlihat hasil pengukuran pada layar monitor.

Bila kedua hal tersebut terjadi, sebaiknya ulangi pengukuran dan usahakan pasien untuk tidak bergerak. Namun, apabila setiap pengukuran timbul tanda pendeteksi detak jantung yang tidak beraturan maka sebaiknya konsultasikan ke dokter karena detak jantung yang tidak beraturan berhubungan dengan tekanan darah, dan berpotensi untuk dapat meningkatkan tekanan darah. Maka dari itu, sebaiknya dalam pengukuran tekanan darah, buatlah pasien menjadi rileks terlebih dahulu agar detak jantungnya menjadi teratur.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Omronhealthcare.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Terima kasih untuk Like/comment FB :