Tensimeter Air Raksa (Sphygmomanometer Mercury)

Tensimeter air raksa (Sphygmomanometer Mercury) adalah alat pengukur tekanan darah yang menggunakan air raksa untuk menampilkan hasil pengukurannya. Air raksa tersebut diletakkan di dalam pipa kapiler kaca berskala sehingga bisa dibaca berapa tekanan darahnya. Tensimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur tekanan darah seseorang. Tensimeter juga dikenal dengan nama Sphygmomanometer atau sphygmometer. Untuk mengukur tekanan darah atau tensi menggunanak tensimeter air raksa diperlukan alat tambahan yaitu stetokop.

Sphygmonometer berasal dari dua kata yaitu sphygmos dan manometer. sphygmos berasal dari bahasa Yunani berarti denyut nadi dan manometer adalah istilah dalam ilmu pengetahuan yang berarti pengukur tekanan. Alat ini ditemukan oleh seorang dokter Yahudi bernama Samuel Siegfried Karl Ritter von Basch dari negara Austria pada tahun 1881. Kemudian pada tahun 1896 diperkenalkan versi yang lebih mudah digunakan oleh seorang dokter dari Itali bernama Scipione Riva-Rocci, selanjutnya pada tahun 1901 Harvey Cushing seorang ahli bedah syaraf asal Amerika memperkenalkan model yang lebih modern yang dipakai hingga saat ini.


 tensimeter air raksa
Tensimeter Air raksa

Tensimeter Air Raksa

Awalnya sphymomanometer menggunakan air raksa untuk mengukur tekanan darah seseorang. Pada setiap sphymomanometer terdapat beberapa komponen penting, yaitu :
  • Balon tensi atau bulb
  • Manset atau inflatable cuff
  • Pipa kapiler kaca berskala milimeter
  • Air raksa
Untuk memeriksa tekanan darah pasien menggunakan tensimeter air raksa diperlukan alat tambahan yaitu stetoskop. Menggunakan tensimeter air raksa adalah sebagai berikut :
  1. Pasang manset pada pergelangan tangan bagian atas dengan telapak tangan menghadap ke atas dan selang manset berada tepat diatas pembuluh darah arteri.
  2. Buka pengunci tensimeter. Pengunci ini biasanya ada pada setiap tensimeter air raksa untuk mencegah air raksa tumpah pada saat dibawa atau dipindahkan.
  3. Pasang stetoskop tepat diatas pembuluh darah arteri dijepit dibawah manset supaya tidak perlu dipegang.
  4. Pompa bulb atau balon tensi sampai ketinggian 130mmHg atau lebih lalu buka kran udara perlahan lahan sambil dengarkan mulai terdengar detak jantung.
  5. Pada saat mulai terdengar bunyi detak jantung ini disebut dengan sistolik.
  6. Teruskan buka hingga bunyi mulai hilang, pada saat bunyi mulai hilang inilah yang disebut dengan diastolik.
  7. Ulangi beberapa kali pengukuran lagi untuk memastikan angka yang didapat benar.
Saat ini ada banyak merk sphygmomanometer yang dipasarkan di Indonesia harganya bervariasi tergantung merk dan asal negaranya. Yang paling terkenal saat ini adalah merk Riester yang berasalah dari negara jerman. Merk Riester mengeluarkan beberapa tipe yang harganya di kisaran 800 ribu - diatas 1 juta rupiah. Ada juga merk lain yang berasal dari negara cina dengan harga yang lebih murah yaitu di kisaran 200 ribu rupiah.

Jual tensimeter air raksa di Bandung

TokoAlkes® terletak di Kota Bandung Jawa barat. Jika anda berdomisili di kota tersebut bisa datang langsung ke alamat berikut :

Jl. Pasir kaliki no. 239 B (depan Rumah Sakit Hasan Sadikin) Bandung
Telp. 0851 0117 9366 / 022 2032522
SMS / WhatsApp : 0822 144 623 86 / 081 12 2345 05
BBM : 29EAB6F3

Toko Online jual tensimeter Air raksa

Kami juga melayani pengiriman ke seluruh Indonesia menggunakan ekspedisi JNE, POS, TIKI dan lainnya, silahkan kunjungi toko online kami :

www.tokoalkes.com

Ongkos kirim ke jakarta cukup murah, jika menggunakan JNE reg yang sampai sekitar 1-2 hari ongkirnya sekitar 10 ribu per kg.



Terima kasih untuk Like/comment FB :