Tensimeter Digital (Pengukur Tekanan Darah Otomatis)

Informasi harga tensimeter digital omron dan merk lainnya seperti ABN, Polygreen serta tensimeter air raksa dan cara menggunakannya. Kami Toko Alat Kesehatan dan Kedokteran yang memiliki ijin resmi dari kementerian kesehatan untuk menyalurkan tensimeter digital dan tensimeter manual seperti tensimeter air raksa dan tensimeter jarum melayani pengiriman ke Bandung, Jakarta, Surabaya, Semarang, Kalimantan, Sumatera dan kota lainnya di seluruh Indonesia.

Tensimeter digital

Tensimeter digital adalah alat yang digunakan untuk memeriksa tekanan darah seseorang. Sesuai dengan namanya digital berarti menggunakan teknologi digital yaitu hasil pengukurannya langsung ditampilkan dalam bentuk angka pada layarnya. Informasi hasil pengukuran yang ditampilkan biasanya ada 3 yaitu :
  • Sistolik atau batas atas
  • Diastolik atau batas bawah
  • Heart rate atau jumlah detak jantug per menit

  
tensimeter digital
 Tensimeter digital merk Omron

Harga tensimeter

Harga tensimeter ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah jenis, asal negara dan merknya. Secara umum tensimeter dibagi menjadi 3 kelompok utama yaitu :

1. Tensimeter Air raksa

tensimeter digital 
Tensimeter Air raksa

Awalnya dahulu semua tensimeter menggunakan air raksa sebagai alat utama pengukurannya. Itulah sebabnya penghitungan tekanan darah menggunakan satuan mmHg atau berapa milimeter air raksa yang bisa diangkat oleh tekanan darah manusia.

Namun kini tensimeter air raksa ini sudah mulai ditinggalkan, di beberapa negara sudah dilarang digunakan karena air raksa adalah bahan barbahaya yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada manusia secara jangka panjang.

Harga tensimeter air raksa bervariasi ada yang murah dan ada pula yang mahal, biasanya produk dari negara Eropa lebih mahal dibandingkan dari negara Asia seperti dari cina. Untuk tensimeter air raksa dari cina biasanya harganya berkisar antara 200 ribu an sedangkan produk dari negara Eropa dan amerika lebih mahal bisa diatas 1 juta rupiah.

2. Tensimeter jarum atau aneroid 

 tensimeter digital
Tensimeter jarum atau aneroid
Tensimeter jenis ini lebih disukai oleh pengguna yang sifatnya mobile atau mudah dibawa kemana-mana. Keunggulannya adalah ukurannya kecil mudah dibawa dalam tas. Namun tensimeter ini memiliki keakuratan yang rendah, artinya hasil pengukurannya tidak presisi atau kadang kurang tepat.

Tensimeter jarum atau aneroid banyak digunakan oleh mahasiswa kesehatan untuk digunakan dalam praktikum pemeriksaan pasien.

Harga tensimeter jarum juga bervariasi tergantung merk dan produsennya dari negara mana. Tensimeter yang berasal dari negara eropa seperti merk Riester jauh lebih mahal di kisaran 500 ribu an dibandingkan dengan produk china yang banyak merk harganya dibawah 100 ribu rupiah.

3. Tensimeter Digital
 tensimeter digital
Tensimeter digital HEM 7203
Tensimeter digital adalah teknologi terbaru pada alat tensi ini, seiring dengan semakin majunya teknologi tingkat akurasinya juga makin tinggi. Tensimeter ini cocok digunakan oleh pengguna pribadi karena cara menggunakannya cukup mudah. Hanya dengan belajar beberapa kali seseorang yang awam sekalipun kemungkinan besar sudah akan mahir.

Harga tensimeter digital ini juga bervariasi tergantung merk dan tipenya. Biasanya tensimeter dengan harga murah dibawah 500 ribu rupiah hanya digunakan untuk screening atau pemeriksaan rutin bagi orang yang sehat, sedangkan bagi orang yang sudah terkena hipertensi sebaiknya menggunakan yang harganya diatas 500 ribu.

Tensimeter Digital Omron

Salah satu tensimeter digital merk terkenal yang beredar di Indonesia adalah merk Omron. Omron adalah merk yang berasal dari negeri sakura Jepang. Omron mengeluarkan beberapa tipe tapi yang paling terkenal ada 3 yaitu :

1. Tensimeter digital Omrom HEM 7111

 tensimeter digital
Tensimeter digital Omron HEM 7111

Tensimeter omron tipe ini adalah yang paling murah dalam keluarga tensi omron. Penggunaannya sebaiknya hanya digunakan untuk pemeriksaan rutin bagi anda yang sehat dan tidak digunakan untuk pasien yang sudah terkena hipertensi. Tensi tipe ini biasanya eror jika mengukur diatas 180 mmHg. Harganya juga cukup murah sekitar 450 ribu an dengan garansi 2 tahun.

2. Tensimeter digital Omron HEM 7203

 tensimeter digital
Tensimeter digital Omron HEM 7203

Tensimeter tipe ini dapat mengukur tekanan darah pasien yang terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi, dapat mengukur sampai diatas 180 mmHg. Jadi jika anda suda terkena hipertensi gunakan tipe ini, harganya di kisaran 550 ribu an dengan masa garansi resmi dari pabrik 2 tahun.

3. Tensimeter digital Omron HEM 7201

 tensimeter digital
Tensimeter Omron HEM 7201

Tensimeter ini memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dibandungkan 2 tensimeter omron sebelumnya. Memiliki keunggulan tidak akan eror untuk mengukur tekanan darah sampai berapapun. Manajemen memorinya juga dapat digunakan oleh 2 orang. Harganya di kisaran 750 ribu an.

Tensimeter air raksa

Tensimeter air raksa seperti namanya menggunakan air raksa sebagai bahan dalam pengukurannya. Komponen tensimeter air raksa terdiri dari air raksa, pipa kapiler kaca berskala, manset dan balon tensi.

 tensimeter digital
Tensimeter air raksa

Cara kerjanya adalah manset dipakai di lengan atas pasien yang akan diperiksa kemudian balon tensi dipompa, maka akan timbul tekanan air raksa pada pipa kapiler kaca. Ahli kesehatan akan membaca hasilnya berdasarkan skala yang tertera pada pipa kaca tersebut.

Tensimeter air raksa biasanya digunakan oleh ahli kesehatan seperti dokter, bidan dan perawat. Penggunaannya memerlukan keterampilan tertentu yang harus dipelajari secara khusus. Jadi tensimeter tipe ini bukan ditujukan untuk penggunaan pribadi di rumah. Untuk penggunaan pribadi di rumah sebaiknya menggunakan tensimeter digital.

Di beberapa negara tensimeter air raksa ini sudah dilarang digunakan karena air raksa adalah logam berat yang dapat berbahaya bagi kesehatan. Di Indonesia juga peredaran tensimeter ini juga sudah mulai dibatasi.

Jual tensimeter digital di Bandung

TokoAlkes adalah toko alat kesehatan dan kedokteran yang memiliki ijin resmi dari kementerian kesehatan untuk menjual tensimeter digital dan manual berbagai merk yang beralamat di :

  • Jl. Pasir kaliki no. 239 B (Depan Rumah Sakit Hasan Sadikin) Bandung
  • Telp. 0851 0117 9366 / 022 2032522 fax 2041315
  • SMS / WhatsApp : 0822 144 623 86 / 081 12 2345 05
  • BBM : 29EAB6F3

Jika anda berdomisili di Kota Bandung dan sekitarnya bisa datang langsung ke alamat tersebut. TokoAlkes juga melayani pengiriman ke Jakarta, Semarang, Surabaya dan seluruh Indonesia menggunakan ekspedisi JNE dan ekspedisi yang lainnya. Silahkan kunjungi toko onlien kami di www.tokoalkes.com

Cara menggunakan tensimeter digital

Tensimeter terdapat 3 jenis yaitu air raksa, aneroid atau jarum dan tensimeter digital. 2 tensimeter yang pertama digunakan oleh ahli kesehatan karena memerlukan keterampilan tertentu untuk menggunakannya. Untuk penggunaan pribadi di rumah sebaiknya gunakan yang ketiga yaitu tensimeter digital. Ini lebih mudah digunakan tanpa perlu keterampilan khusus dan tanpa perlu alat tambahan.

Cara menggunaannya adalah sebagai berikut :
  1. Posisi terbaik ketika mengukur tensi adalah duduk tegak dengan posisi lengan atas yang akan diukur sejajar dengan jantung.
  2. Jika anda habis berjalan, naik tangga membawa beban, setelah makan dan setelah melakukan aktivitas apapun jangan langsung diukur. Istirahatlah sekitar 10 sampai 15 menit sampai benar-benar tenang.
  3. Pasang manset pada pergelangan tangan kanan atau kiri dengan posisi telapak tangan menghadap keatas dan selang tensi berada diatas.
  4. Tekan tombol on/off sekali maka tensi akan memompa secara otomatis, tunggu sampai proses ini selesai maka hasilnya akan ditampilkan di layar.
  5. Ulangi mengukur sampai 3 kali lalu ambil rata-ratanya, ada beberapa tipe tensi digital yang secara otomatis melakukan 2 sampai 3 kali pengukuran untuk mendapatkan hasil lebih akurat. Beberapa merk sudah memiliki fasilitas rata-rata beberapa pengukuran. Lebih baik ukur tangan yang kurang aktif yaitu jika anda tidak kidal ukur lengan tangan kiri dan sebaliknya.
  6. Jika tensimeter yang anda gunakan memiliki memori sebaiknya disimpan untuk data pemeriksaan di kemudian hari.
Catatan : Harga diatas benar pada saat artikel ini ditulis namun dapat berubah sewaktu waktu tanpa pemberitahuan. Harga terbaru silahkan hubungi Telp / SMS / WhatsApp : 0822 144 623 86 / 081 12 2345 05 BBM : 2AB98F9C atau kunjungi www.tokoalkes.com.




Terima kasih untuk Like/comment FB :