Alat Tensimeter Pengukur Tekanan Darah


Alat tensimeter adalah alat yang digunakan untuk memeriksa tekanan darah atau tensi seseorang. Selain disebut tensimeter alat ini juga dikenal dengan nama Sphygmomanometer. Semua orang pasti memiliki darah untuk membawa makanan dan oksigen ke seluruh tubuh. Darah dipompa oleh jantung melalui pipa kecil yang disebut pembuluh darah. Selama manusia hidup proses ini tidak pernah berhenti. Karena ada tekanan yang dilakukan oleh jantung supaya darah mengalir timbullah tekanan darah atau disebut tensi. Alat untuk mengukur tekanan darah tersebut disebut tensimeter.


alat tensimeter
Tensimeter digital Omron

Tensi yang normal pada manusia menurut Kementerian Kesehatan adalah 80/120 mmHg, yaitu 80 adalah batas bawah atau diastolik 120 adalah batas atas atau sistolik. Namun karena berbagai sebab tekanan darah bisa terganggu sehingga tidak normal lagi. Penyebabnya bisa bermacam macam, tapi yang paling umum antara lain :
  1. Usia
  2. Penyakit tertentu
  3. Faktor keturunan
  4. Kelainan pada organ tubuh tertentu
  5. dan lainnya.
Seorang ahli kesehatan seperti dokter dapat mendeteksi atau mendiagnosa adanya penyakit atau kondisi tertentu dalam tubuh manusia dengan memeriksa tekanan darahnya.

Macam-macam alat tensimeter

Secara umum alat tensimeter ada 3 jenis yaitu air raksa, aneroid atau jarum dan digital :

1. Alat tensimeter air rakasa

alat tensimeter

Tensimeter air raksa

Awalnya semua alat tensimeter menggunakan air raksa untuk mengukur tekanan darah. Komponen utama tensimeter air raksa adalah manset, bulb atau balon tensi, air raksa, serta pipa kapiler berskala. Ketika manset yang dipasang pada pergelangan tangan atas ditekan dengan udara dengan cara memompa bulb akan timbul tekanan pada air raksa yang dilewatkan pada pipa kapiler kaca berskala. Ahli kesehatan dapat membaca tekanan darah pasien menggunakan alat tambahan stetoskop. Satuan pengukuran tensi adalah mmHg, yaitu berapa tinggi air raksa diangkat oleh tekanan darah. Sampai saat ini tensimeter air raksa diyakini sebagai alat pengukur tensi yang paling akurat dibandingkan tensimeter yang lain.

Dalam menggunakan tensimeter air raksa ini diperlukan alat tambahan yaitu stetoskop, penggunaannya juga tidak mudah. Tensimeter jenis ini biasanya digunakan oleh ahli kesehatan yang memiliki keterampilan khusus. Oleh karena itu alat ini tidak dianjurkan digunakan secara pribadi di rumah. Alat ini cocok digunakan di klinik, rumah sakit, praktek dokter oleh ahli kesehatan seperti dokter, perawat dan bidan.

Di beberapa negara penggunaan tensimeter air raksa sudah dilarang, karena air raksa adalah bahan berbahaya yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan secara jangka panjang. Air raksa adalah logam berat yang dapat menyebabkan cacat dan bahkan kematian. Di Indonesia peredarannya juga sudah mulai dibatasi meskipun belum sepenuhnya dilarang.

2. Alat tensimeter jarum atau aneroid

alat tensimeter
Tensimeter aneroid atau jarum

Berbeda dengan tensimeter air raksa, tensimeter jenis ini menggunakan semacam pegas untuk menggerakkan jarum petunjuknya. Jadi tampilannya mirip jam yang ada jarum dan angka petunjuknya. Tensimeter aneroid banyak disukai karena karena ukurannya kecil sehingga mudah dibawa kemanapun, bisa dimasukkan dalam baju dan jas dokter maupun ke dalam tas jinjing. Biasanya digunakan oleh mahasiswa kesehatan seperti mahasiswa kedokteran, kebidanan dan keperawatan untuk praktikum pemeriksaan pasien.

Alat tensimeter jenis ini diyakini memiliki tingkat akurasi yang lebih rendah dibandingkan tensimeter air raksa. Penggunaannya juga memerlukan keterampilan khusus sehingga tidak disarankan untuk penggunaan pribadi di rumah. Untuk memeriksa takanan darah pasien diperlukan alat lain yaitu stetoskop.

3. Alat tensimeter digital

alat tensimeter
Alat Tensimeter digital

Sesuai dengan namanya alat tensimeter ini menggunakan teknologi digital dalam pengukurannya. Hasil pengukurannya ditampilkan dalam bentuk angka digital pada layarnya, yaitu :
  1. Sistolik atau batas atas
  2. Diastolik atau batas bawah
  3. Heart rate atau jumlah detak jantung per menit
Teknologi yang semakin maju menghasilkan alat tensimeter yang sangat presisi hasil pengukurannya, beberapa tipe tensi digital bahkan memiliki fitur yang dapat menilai apakah pengguaannya sudah benar, misalnya jika cara menggunakan mansetnya salah alat tersebut akan memberitahu supaya dibetulkan.

Alat tensimeter digital memiliki keunggulan mudah digunakan tanpa harus menguasai keterampilan tertentu, bahkan bagi orang awam sekalipun cukup belajar satu dua kali pemakaian biasanya sudah mahir. Jadi untuk penggunaan pribadi di rumah sebaiknya gunakan tensimeter digital ini.



Terima kasih untuk Like/comment FB :